MPPL Tugas 1




Deskripsi

Bukalapak merupakan salah satu pusat perbelanjaan daring (online marketplace) di Indonesia (bias dikenal juga dengan jaringan took daring) yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Bukalapak. Bukalapak didirikan pada 10 januari 2010 oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Fajrin Rasyid di sebuah rumah kos di Bandung, Jawa Barat. Saat ini, Bukalapak tercatat sebagai startup unicorn (memiliki valuasi lebih dari 1 miliar dollar AS) di Indonesia setelah GO-JEK, Traveloka, dan Tokopedia.

Seperti pada situs marketplace lain dengan model bisnis customer-to-customer (C2C), Bukalapak menyediakan sarana penjualan dari konsumen-ke-konsumen yang memungkinkan setiap penggunaannya dapat menjadi penjual atau pembeli. Pengguna perorangan ataupun perusahaan dapat membeli dan menjual produk, baik barang baru maupun bekas, seperti sepeda, perlengkapan bayi, gawai (gadget), computer, perlengkapan tumah tangga, busana, elektronik, dan lain- lain.

Pendanaan

Pada bulan Maret 2014, Bukalapak mengumumkan investasi oleh Aucfan, IREP, 500 Startups, dan GREE Ventures. Tidak berselang lama dari pemberitaan tersebut, pada tanggal 18 Maret 2014 Bukalapak pun meluncurkan aplikasi seluler untuk Android. Sampai dengan 3 Juli 2014, aplikasi tersebut telah didownload oleh lebih dari 87 ribu pengguna Bukalapak. Dari laporan keuangan EMTEK tahun 2015 (pemilik 49% saham Bukalapak), diketahui bahwa Bukalapak telah mendapatkan dana investasi dari EMTEK total hingga Rp 439 miliar. Namun sepanjang tahun 2015 Bukalapak tercatat masih merugi hingga Rp 229 miliar rupiah, dengan pemasukan Rp 6,4 miliar.
Pada Januari 2018, Bukalapak mendapatkan suntikan dana dari Mirae Asset dan Naver Asia Growth Fund , sebuah lembaga pendanaan dari Korea Selatan. Tidak disebutkan berapa besar nilai investasinya namun Reuters menyebut nilainya mencapai US$50 juta atau setara Rp 700 Miliar.
Lama Pembuatan
Bukalapak pertama dibuat pada tahun 2010, Bukalapak berstatus sebagai sebuah Perseroan Terbatas (PT) pada September 2011 dan dikelola oleh manajemen yang dipimpin oleh Achmad Zaky sebagai CEO (Chief Executive Office) dan Nugroho Herucahyono sebagai CTO (Chief Technology Officer). 
Tim 
Achmad Zaky mendirikan perusahaan jasa konsultasi teknologi bernama Suitmedia. Zaky membuat sebuah website yang menjadi proyek internal perusahaan. Proyek tersebutlah yang menjadi asal kesuksesan Achmad Zaky pendiri bukalapak.com. Tepatnya bukalapak.com dimulai pada tahun 2010.
Bahasa pemograman 
java, php, C#, ruby dan untuk framework dari spring, asp.net, asp.net mvc, codeigniter, laravel, nodejs, angularjs, ruby on rails.

















Komentar

Postingan populer dari blog ini